PERSEPSI SOSIAL REBRANDING LOGO KHAYRA MUSLIMWEAR
Dalam rangka proyek UTS mata kuliah DKV 2, saya melakukan rebranding pada brand Khayra Muslimwear. Khayra merupakan brand pakaian muslimah yang lebih mengarah pada online shop yang memiliki target pasar anak muda dengan image elegan dan nyaman. Nama khayra sendiri diambil dari bahasa arab yang berarti Khayr, atau sesuatu yang baik.
Salah satu langkah penting dalam rebranding logo Khayra adalah dengan membuat logo yang simple, elegan, namun dapat dengan mudah dikenali dan melambangkan brand Khayra itu sendiri. mengikuti brief creative dari owner khayra, beliau menginginkan logonya simpel dan elegan, dengan tetap menampilkan objek objek visual yang mengarah pada pakaian wanita, perempuan, serta nama Khayra itu sendiri secara khusus.
Dengan creative brief serta arahan yang ada, saya lantas membuat Logo yang terinspirasi dari muslimah yang mengenakan hijab dengan tampak samping. logo hijab saya buat melengkung serta menyerupai huruf "kho". Hal ini berfunsgi sebagai representasi nama Khayra, serta memiliki objek visual berupa wanita berhijab panjang.
Selain itu, logo Khayra juga diharapkan memiliki prinsip persepsi sosial sesuai dengan kaidah yang ada. yaitu sebagai berikut
Persepsi Berdasarkan Pengalaman
Logo khayra yang simple, elegan, namun tetap memiliki objek objek visual yang menghubungkan pada pakaian muslim, diharapkan dapat memudahkan audience untuk mengenali logo tersebut. dengan begitu makna logo dapat tersampaikan dengan jelas oleh audience.
Persepsi Besifat Selektif
Logo khayra diharapkan dapat mengundang audience yang secara selektif menginginkan brand muslimwear yang mengusung konsep sesuai dengan yang khayra bawa, yakni simple, elegan, dan nyaman.
Persepsi Bersifat Dugaan
Icon hijab yang menyerupai huruf "kho" tentu dapat menjadikan audience mudah menduga bahwa logo tersebut adalah logo pakaian muslimah, ditambah tipografi "Khayra" dibawahnya
Persepsi Bersifat Evaluatif
Individu akan mengevaluasi logo Khayra berdasarkan kriteria mereka sendiri. Mereka mungkin akan menilai apakah desain ini menarik, relevan, atau apakah merek ini pantas untuk dikenakan. Evaluasi ini akan memengaruhi apakah mereka akan memilih untuk berbelanja di Khayra atau tidak.
Persepsi Bersifat Kontekstual
Persepsi terhadap logo Khayra juga akan dipengaruhi oleh konteks di mana logo tersebut muncul. Misalnya, jika logo tersebut digunakan dalam iklan yang menampilkan pakaian Muslim yang trendi dan modis, orang mungkin akan melihatnya sebagai merek yang berorientasi pada gaya dan tren terkini dalam mode Muslim.
Berdasarkan hal tersebut, diharapkan rebranding logo khayra dapat diterima dengan baik oleh persepsi sosial dari berbagai masyarakat.
Komentar
Posting Komentar